1 Feb 2020

Memotivasi Siswa

Memotivasi Siswa

Salah satu aspek paling sulit untuk menjadi seorang guru adalah belajar bagaimana memotivasi siswa Anda. Ini juga salah satu yang paling penting. Siswa yang tidak termotivasi tidak akan belajar secara efektif. Mereka tidak akan menyimpan informasi, mereka tidak akan berpartisipasi dan beberapa dari mereka bahkan mungkin mengganggu.

Seorang siswa mungkin tidak termotivasi karena berbagai alasan: Mereka mungkin merasa bahwa mereka tidak tertarik pada subjek, menemukan metode guru tidak menarik atau terganggu oleh kekuatan eksternal. Bahkan mungkin terungkap bahwa seorang siswa yang tampak tidak termotivasi sebenarnya mengalami kesulitan belajar dan perlu perhatian khusus.

Tertarik untuk mengembangkan keterampilan Anda sebagai guru ke rumah ? Jelajahi kursus singkat pendidikan online yang dirancang untuk memberi Anda pemahaman mendalam tentang berbagai keterampilan dalam mengajar.

Sementara memotivasi siswa bisa menjadi tugas yang sulit, hasilnya lebih dari layak. Siswa yang termotivasi lebih bersemangat untuk belajar dan berpartisipasi. Sederhananya: Mengajar di kelas yang penuh dengan siswa termotivasi menyenangkan bagi guru dan siswa. Beberapa siswa memiliki motivasi diri, dengan kecintaan alami pada pembelajaran. Tetapi bahkan dengan siswa yang tidak memiliki dorongan alami ini, guru yang hebat dapat membuat belajar menjadi menyenangkan dan menginspirasi mereka untuk mencapai potensi penuh mereka.

Berikut adalah lima cara efektif untuk membuat siswa Anda bersemangat belajar:

1. Dorong Siswa
Siswa mencari persetujuan dan penguatan positif dari guru, dan lebih cenderung antusias belajar jika mereka merasa pekerjaan mereka diakui dan dihargai. Anda harus mendorong komunikasi terbuka dan berpikir bebas dengan siswa Anda untuk membuat mereka merasa penting. Menjadi antusias. Pujilah siswa Anda sering. Kenali mereka atas kontribusi mereka. Jika ruang kelas Anda adalah tempat yang ramah di mana siswa merasa didengar dan dihormati, mereka akan lebih bersemangat untuk belajar. "Pekerjaan bagus" atau "pekerjaan bagus" bisa sangat bermanfaat.

2. Dapatkan Mereka Terlibat
Salah satu cara untuk mendorong siswa dan mengajarkan mereka tanggung jawab adalah dengan melibatkan mereka di kelas. Jadikan berpartisipasi menyenangkan dengan memberi setiap siswa pekerjaan untuk dilakukan. Berikan siswa tanggung jawab untuk merapikan atau mendekorasi ruang kelas. Tugaskan seorang siswa untuk menghapus papan tulis atau membagikan materi. Jika Anda membaca bacaan di kelas, mintalah siswa untuk bergiliran membaca bagian dengan keras. Buat siswa bekerja dalam kelompok dan tugaskan masing-masing tugas atau peran. Memberi siswa rasa kepemilikan memungkinkan mereka untuk merasa berhasil dan mendorong partisipasi aktif di kelas.

3. Menawarkan Insentif
Menetapkan harapan dan membuat tuntutan yang masuk akal mendorong siswa untuk berpartisipasi, tetapi kadang-kadang siswa membutuhkan dorongan ekstra ke arah yang benar. Menawarkan siswa insentif kecil membuat belajar menjadi menyenangkan dan memotivasi siswa untuk mendorong diri mereka sendiri. Insentif dapat berkisar dari kecil hingga besar yang memberikan hak istimewa khusus untuk siswa teladan, ke pesta pizza kelas jika skor tes rata-rata naik. Hadiah memberi siswa rasa prestasi dan mendorong mereka untuk bekerja dengan tujuan dalam pikiran.

4. Dapatkan Kreatif
Hindari monoton dengan mengubah struktur kelas Anda. Ajarkan melalui permainan dan diskusi alih-alih kuliah, dorong siswa untuk berdebat dan memperkaya materi pelajaran dengan alat bantu visual, seperti bagan warna-warni, diagram, dan video. Anda bahkan dapat menampilkan film yang secara efektif menggambarkan topik atau tema. Kelas fisik Anda tidak boleh membosankan: gunakan poster, model, proyek siswa dan tema musiman untuk menghias kelas Anda, dan ciptakan lingkungan yang hangat dan merangsang.

5. Gambar Koneksi ke Kehidupan Nyata
"Kapan saya akan membutuhkan ini?" Pertanyaan ini, terlalu sering didengar di kelas, menunjukkan bahwa seorang siswa tidak terlibat. Jika seorang siswa tidak percaya bahwa apa yang mereka pelajari itu penting, mereka tidak akan mau belajar, jadi penting untuk menunjukkan bagaimana subjek berhubungan dengan mereka. Jika Anda mengajar aljabar, luangkan waktu untuk meneliti bagaimana itu digunakan secara praktis misalnya, dalam rekayasa dan berbagi temuan Anda dengan siswa Anda. Sungguh memukau mereka dengan memberi tahu mereka bahwa mereka dapat menggunakannya dalam karier mereka. Menunjukkan kepada mereka bahwa suatu subjek digunakan setiap hari oleh orang-orang "nyata" memberikannya kepentingan baru. Mereka mungkin tidak pernah bersemangat tentang aljabar tetapi jika mereka melihat bagaimana itu berlaku bagi mereka, mereka mungkin termotivasi untuk belajar dengan penuh perhatian.